aaa

DUKUNG SEMANGAT INDONESIA

Tuesday, January 27, 2009

BERITA

Nama : Ardiyansyah
Kelas : A
Nrp : 062050089
Mata Kuliah : Penulisan Berita
Tugas : Berita

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM)
Bandung, (UNPAS), (04/12/2008)
Tutur ina rostina Ina Rostina seorang Fasilitator Senior, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) dilaksanakan dengan program perencancan mengenai masalah perencanaan program Ekonomi, Sosial, dan Lingkungan. Yang dimana kegiatan itu berdasar usulan masyarakat yang dibuat dalam Program Jangka Menengah (PJM) dan Program Penanggulangan Kemiskinan (PJM PRONANGKIS).
Tujuan dari program tersebut, untuk menuntaskan kemiskinan yang ada di masyarakat, dengan tujuan utama, memberdayakan masyarakat dari masyarakat tidak berdaya menjadi masyarakat berdaya, mandiri, dan madani, dan mempunyai tujuan menggali nilai-nilai masyarakat yang sudah luntur, mengikut sertakan masyarakat berpartisipatif dalam melaksanakan kegiatan PNPM.
Langkah yang ditempuh dalam pencapaian perencanaan dari PNPM adalah melibatkan seluruh masyarakat untuk memantau pelaksanaan PNPM di lapangan, PNPM dilaksanakan dan di fasilitatori oleh masyarakat sendiri melalui pemilihan dari tingkat Basis pada tingkat Rt/Rw yang selanjutnya di putuskan dan dipilih oleh tingkat Desa, dan untuk keanggotaan mempunyai batas minimal 9 orang dan batas maximal 13 orang, dan dalam proses peminihan tersebut mesyarakat tidak mencalonkan melainkan dipilih.
Dalam pelaksanaan PNPM terdapat beberapa kendala yang terjadi, yaitu masyarakat yang kurang mengikuti aturan yang diadakan oleh aturan main yang ada dalam PNPM, karena tertanam rasa ingin selalu mudah dalam mewujudkan permintaan dan keinginan, dan menganggap bahwa PNPM dalam keikutsertaannya memberikan prosedur yang berbelit-bernit pada masyarakat.
Di dalam PNPM Tidak ada indicator yang khusus dalam penentuan masyarakat yang dianggap berhak untk menerima bantuan dikarenakan indicator tersebut bersifat elastis, yaitu ditentukan oleh masyarakat itu sendiri.

No comments:

Followers

TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI